Kegiatan

Forum Konsultasi Publik Standar Pelayanan Kantor Bahasa Provinsi Sulawesi Tenggara

I Made Ngurah Rai Febrianto | Kamis, 01 Juli 2021

Kamis, 1 Juli 2021, Kantor Bahasa Provinsi Sulawesi Tenggara (KBST) mengadakan Forum Konsultasi Publik Standar Pelayanan KBST di Aula Kandai, Kantor Bahasa Provinsi Sulawesi Tenggara. Kegiatan tersebut dihadiri oleh pengguna layanan, terdiri atas pemangku kepentingan, akademisi, penegak hukum, komunitas, dan masyarakat umum.

Dalam sambutannya, Bapak Abdul Razak yang mewakili Kepala KBST mengatakan bahwa kegiatan Forum Konsultasi Publik adalah sarana partisipasi masyarakat dalam pembuatan standar pelayanan. “Standar pelayanan yang baik adalah yang disusun dengan harmonisasi antara kemampuan sumber daya manusia, sumber daya prasarana, kekuatan finansial  pelaksana layanan dan keinginan serta harapan masyarakat,” jelasnya. Adapun layanan yang akan diberikan oleh KBST, yaitu layanan UKBI, BIPA, ahli bahasa, dan penerjemahan.

Sebelum dilaksanakan diskusi kelompok terpumpun terkait dengan standar pelayanan KBST, kegiatan diawali dengan penyampaian  materi Standar Pelayanan di Lembaga Pemerintah yang disampaikan oleh Erna Masiha, Kabag Pengembangan Kinerja Biro Organisasi, Sekda Prov. Sultra. Beliau menjelaskan aturan dan poin-poin yang perlu diketahui mengenai standar pelayanan. Setelah penyampaian materi tersebut, acara dilanjutkan dengan diskusi kelompok terpumpun mengenai standar pelayanan yang dilaksanakan oleh KBST. Di akhir acara, peserta menandatangani Berita Acara Forum Konsultasi Publik Kantor Bahasa Prov. Sultra sebagai bukti bahwa standar pelayanan KBST telah direviu bersama dan dilakukan perbaikan-perbaikan yang diperlukan.